Breaking

LightBlog

Friday, June 2, 2017

Ridwan Kamil Cek Rumah Bantuan Warganet untuk Korban Banjir Garut.




JuraganQQ.Com, Garut - Walikota Bandung Ridwan Kamil berkunjung ke Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut, Emil, sapaan Ridwan, mengecek langsung progres pembangunan rumah bagi para korban banjir bandang Garut.

Banjir bandang menerjang Garut pada September 2016 silam. Pembangunan rumah di Kampung Lengkong Jaya, Kecamatan Karangpawitan, Garut, itu bersumber dari dana sumbangan warganet (netizen) melalui salah satu website penggalang dana untuk tujuan sosial.

Game Bandarq

"Ini sumbangan dari netizen, jumlahnya ada sekitar 1,5 miliar rupiah. Itu dibagi-bagi, sebelumnya dipakai untuk tanggap darurat dan sisanya untuk pembangunan rumah," kata Emil di Kampung Lengkong Jaya, Garut, Sabtu (3/5/2017).

Seluruh pembangunan rumah tersebut, sambung Emil, menggunakan teknologi RISA. Yaitu teknologi baru rumah ramah lingkungan.

Agen Bandarq

"RISA itu Rumah Instan Sehat dan Aman. Jadi limbah dan kotoran dari rumah itu disalurkan ke biodigester, setelah masuk ke biodigester nantinya setelah menjadi gas akan disalurkan lagi ke rumah warga untuk keperluan masak sehari-hari," tuturnya.

Selain itu, rumah ini memakai tembok inovatif berbahan campuran semen dan styrofoam. "Temboknya sudah jadi, jadi tinggal main lego saja, tinggal dipasang-pasang. Itu menghemat kayu, mempercepat waktu pengerjaan juga, tapi tetap kualitasnya sama kayak rumah yang dibangun normal," ujar Emil.

Game Bandarq

Sebanyak 12 unit rumah hasil galang dana warganet itu beberapa di antaranya sudah hampir rampung dikerjakan. Rencananya peresmian rumah untuk korban banjir bandang ini dilaksanakan pada Juli 2017 mendatang. Selain bantuan warganet, tercatat 28 rumah dibangun dari sumbangan Dompet Dhuafa. 

No comments:

Post a Comment

Adbox