Breaking

LightBlog

Sunday, May 28, 2017

Gempa Kembali Mengguncang Kawasan Aceh 5 SR.

Tasya Amelia
JuraganQQ,29/05/17

Image result for Gempa  aceh 29 mei

JuraganQQ.Com, Jakarta - Guncangan gempa 5 Skala Richter di Provinsi Aceh mengakibatkan kerusakan bangunan. Rumah di lokasi gempa dilaporkan mengalami kerusakan.

"Ternyata, gempanya merusak," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangannya kepada detikcom, Senin (29/5/2017).
Rumah salah seorang warga di Desa Suri Musara, Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Leus, tercatat mengalami kerusakan. Bagian tembok batakonya mengalami runtuh. 

Game Bandarq

BMKG menjelaskan gempa bumi terasa di Gayo Leus, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, termasuk Blangkejeran, Perlak, Lesten, Blangpidie, dan Benermeriah.

Masyarakat di lokasi gempa langsung berlarian menyelamatkan diri. Mereka keluar rumah untuk mencari tempat yang aman. Game Bandarq

"Beberapa warga juga dilaporkan belarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri," ujar Daryono.
Gempa bumi yang terjadi pada pukul 04.54 WIB ini berasal dari darat. Daryono menyebutnya gempa bumi tektonik kerak dangkal.

Agen Bandarq

"Gempabumi ini jika dilihat dari lokasi dan kedalamannya merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Zona Sesar (patahan) Sumatera (Sumatera Fault Zone), tepatnya pada segmen Tripa," kata Daryono.

Gempa ini ditimbulkan karena ada sesar yang bergerak. Hal itulah yang mengakibatkan terjadinya goncangan.
"Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa bumi dipicu oleh sesar dengan pergerakan arah mendatar," kata Daryono. Agen Bandarq

No comments:

Post a Comment

Adbox